Cara Mudah Membuat Saus Karamel di Rumah

Senin, 30 November 2015 - 23:25 WIB
Cara Mudah Membuat Saus Karamel di Rumah
Cara Mudah Membuat Saus Karamel di Rumah
A A A
JAKARTA - Rasa manis dengan sedikit rasa asin yang terdapat pada saus karamel menimbulkan sensasi tersendiri, terlebih jika menyantapnya dengan pancake, pudding, atau hidangan penutup lainnya.

Anda juga dapat menghidangkan saus karamel dengan roti tawar bersama potongan buah-buahan favorit Anda.

Membuat saus karamel sendiri memerlukan kesabaran dan teknik khusus agar karamel tidak gosong atau lengket di panci yang Anda gunakan.

Untuk mengetahui lebih dalam bagaimana membuat selai atau saus karamel, berikut ini adalah resep ‘Saus Karamel dari Kitchn’.

Bahan-bahan:

400 ml krim kental

150 gram gula pasir

60 ml air

Sejumput garam

4 sdm mentega

Cara membuat:

* Hangatkan krim: Tuangkan krim kental ke dalam panci kecil dan panaskan diatas api sedang. Pastikan jangan sampai krim mendidih, biarkan hangat.

* Selanjutnya, dalam panci besar, campurkan gula dan air. Panaskan dengan api sedang sambil diaduk sampai gula terlihat bercampur dengan air.

* Biarkan gula berubah menjadi karamel dalam waktu kurang lebih 8 sampai 15 menit.

* Pertama, gula akan mulai bergelembung di sekitar tepi atau di beberapa tempat di sekitar panci. Selanjutnya seluruh permukaan akan mulai mendidih dan gula akan berwarna kecokelatan layaknya karamel. Anda boleh sesekali mengaduk saus karamel ini agar tidak ada yang menggumpal.

* Begitu karamel sudah berwarna cokelat gelap, matikan api dan tuangkan krim ke dalam karamel dengan hati-hati.

* Meski api sudah dimatikan, saus karamel yang tercampur krim akan tetap mengeluarkan gelembung. Gunakan pengaduk bergagang panjang untuk mengaduk karamel terus menerus dengan penuh tenaga hingga uap panas dan gelembung hilang.

* Selanjutnya tambahkan sejumput garam dan mentega ke dalam panci, dan aduk sampai mentega meleleh dan tercampur merata bersama karamel.

* Panaskan kembali saus karamel diatas api sedang hingga mendidih selama 5 sampai 10 menit atau lebih lama, jika Anda menginginkan tekstur saus yang lebih kental seperti selai. Setelah mendidih, angkat dan dinginkan di suhu ruangan.

* Setelah itu, masukkan saus karamel ke dalam mangkuk atau stoples, dinginkan ke dalam lemari es.

* Setiap selesai menggunakan, jangan lupa untuk kembali meletakkan saus karamel ke dalam lemari es.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7116 seconds (0.1#10.140)